Rabu, 15 April 2015

silabus PSDM


RENCANA PROGRAM DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPKPS)


1.        Nama Matakuliah         : Pengembangan Sumber Daya Manusia
2.        Kode/SKS                      : KTP
3.        SKS                                 : 2 (DUA)
4.        Program Studi               : Teknologi Pendidikan
5.        Fakultas                          : Ilmu Pendidikan                  
6.        Dosen Pembina              : 1. Dra. Fetri Yeni J., M.Pd
                                           2. Dr. Darmansyah ST., M.Pd

A.       Learning Outcomes (Capaian Pembelajaran) Mata Kuliah Terkait KKNI :
Setelah mengikuti mata kuliah ini capaian pembelajaran  yang diharapkan adalah :
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan hakekat manusia dan PSDM
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan menjelaskan potensi manusia dan konsep diri
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan berfikir positif dan konsep Diri
4.      Mahasiswa mampu menjelaskan motivasi
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan keterampilan berkomunikasi dan pembentukan konsep diri
6.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar PSDM dalam organisasi
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan perencanaan SDM dalam organisasi
8.      Mahasiswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban karyawan
9.      Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen konflik dalam organisasi

B.     Softskills :
1.      Mahasiswa bekerja dengan jujur
2.      Mahasiswa menghargai pendapat orang lain
3.      Mahasiswa bekerjasama dengan orang lain
4.      berkreativitas
5.      Ketrampilan

C.    Materi
1.      Hakekat Manusia dan PSDM
2.      Potensi Manusia dan Konsep Diri
3.      Berfikir positif dan Konsep Diri
4.      Motivasi
5.      Keterampilan Berkomunikasi dan Pembentukan Konsep diri
6.      Konsep Dasar PSDM dalam Organisasi
7.      Perencanaan SDM dalam Organisasi
8.      Hak dan Kewajiban Karyawan
9.      Manajemen Konflik dalam Organisasi

D.    Kegiatan  Pembelajaran :


Ming
Ke
Learning Outcomes
Pengalaman Belajar
Materi/P. Bahasan
Metode/Stra. Pembel.
Kriteria/teknik Penilaian
Daft. Pust.
1
2
3
4
5
6
7
1
Orientasi Perkuliahan
2-3
1.   Mahasis-wa dapat menjelaskan hakekat manusia dan PSDM 
1.   Mendiskusikan hakekat manusia dan PSDM 
Hakekat manusia dan PSDM
a.       Hekekat Manusia
b.      Pengembangan Sumber daya Manusia
c.       Pemanfaatan Potensi SDM
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  Diskusi
4.  Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)

1,3,13,14
4-5
1.   Mahasis-wa dapat menjelas-kan potensi manusia dan konsep diri


1.   Mendiskusikan potensi manusia dan konsep diri

Potensi Manusia dan Konsep Diri
a.       Potensi manusia
b.      Menggali dan melejitkan Potensi diri

1.   Ceramah
2.   Tanya Jawab
3.   Diskusi
4.   Latihan
5.   Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1,4,  12, 14
6-7
1.   Mahasis-wa dapat menjelas-kan berfikir positif dan konsep diri


1.   Mendis-kusikan berfikir positif dan konsep diri

Berfikir positif dan konsep diri
a.       Berfikir Positif vs Berfikir Negati
b.      Konsep diri Positif
1.   Ceramah
2.   Tanya Jawab
3.   Diskusi
4.   Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1,3, 7, 10, 13,
8
UJIAN MID SEMESTER
9-10
1.   Mahasis-wa dapat menjelas-kan motivasi

1.   Mendis-kusikan motivasimotivasi

Motivasi
a.       Pengertian Motivasi
b.      Teori Motivasi

1.   Ceramah
2.   Tanya Jawab
3.   Diskusi
4.   Latihan
5.   Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1, 2, 3, 6, 10, 13
11-12
1.   Mahasis-wa memprak-tekkan keterampilan berkomunikasi dan pembentukan konsep diri

1.   Mendis-kusikan keteram-pilan berkomunikasi dan pembentukan konsep diri

Keterampilan Berkomunikasi dan pembentukan konsep diri
a.       Pengertian komunikasi
b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  Diskusi
4.  Latihan
5.  Penugasan
KK : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)

1, 3, 4, 5, 13
13
1.   Mahasis-wa menjelas-kan konsep dasar PSDM dalam organisasi

1.   Mendis-kusikan konsep dasar PSDM dalam organisa-si

Konsep dasar PSDM dalam Organisasi
a.       Pengertian PSSDM dalam organisasi
b.      Proses PSDM dalam Organisasi

1.   Ceramah
2.   Tanya Jawab
3.   Diskusi
4.   Latihan
5.   Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1, 3, 4, 5, 7, 10,


14
1.   Mahasiswa dapat menjelaskan perencanaan SDM dalam organisasi

1.   Mendiskusikan perencanaan SDM dalam organisa-si
Pengadaan SDM dalam organisasi
a.    Rekruitmen tenaga kerja 
b.   Berbagai sumber rekruitmen 
c.    Formulir lamaran      
d.   Seleksi pegawai     
e.    Faktor-faktor yang harus ditentukan 
f.    Langkah-langkah dalam proses seleksi        

1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  Diskusi
4.  Latihan
5.  Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1,  2, 12, 13, 14
15
1.   Mahasis-wa dapat menjelaskan perencanaan SDM dalam organisasi


1.   Mendis-kusikan  perencanaan SDM dalam organisa-si

Perencanaan SDM dalam organisasi
a.       Pengertian perencana-an  SDM
b.      Batasan –batasan Perencanaan SDM
c.       Sistem Perencana-an SDM
1.   Ceramah
2.   Tanya Jawab
3.   Diskusi
4.   Latihan
5.   Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
1, 2, 12, 13, 14
16
1.   Mahasis-wa dapat menjelaskan hak dan kewajiban karyawan

1.   Mendis-kusikan hak dan kewajib-an karyawan

Hak dan kewajiban karyawan
a.       Hak Karyawan
b.      Kwajiban Karyawan
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  Diskusi
4.  Latihan
5.  Penugasan
KKM : 80%
Teknik Penilaian : Penilaian Proses
Penilaian Hasil belajar
(tes Essay)
8,9, 13

17
1.   Mahasiswa dapat menjelas-kan manajemen Konflik dalam organisasi
1.   Mendiskusikan manajemen konflik dalam organisa-si

Manajemen Konflik dalam Organisasi



18
UJIAN SEMESTER

E.     Referensi :
1.      Altman, Steven, Enzo Valenzi, dan Richard M. Hodgets, Organizational Behavior: Theory and Practice, Florida: Academic Press Inc., 1985.
Blanchard, Ken, dan Paul Hersey, Manajemen Perilaku Organisasi; Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga, 1986.
2.      Albercht, B. F. 1980. Teknik Berpikir Positif (Terjemahan: Sihombing, T). Surabaya: Usaha Nasional.
3.      Chaplin, C.B. 1995. Kamus Lengkap Psikologi. (Terjemahan: Kartini Kartono).Ed 1. Cetakan Ke-2. Jakarta: Grafindo Persada.
4.      Brooks, W.D., Emmert, 1976. Interpersonal Community. Iowa: Brow Company Publisher.
5.      Gomes, Faustino cordoso(2003).manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta:CV Andi Offset
6.      Nawawi, H. Hadari (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
7.      T. Handoko,Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia,Yogyakarta: BPFE
8.      Sukamti, Umi. (1989).Manajeman personalia/sumber daya manusia. Jakarta :Depdikbud Ditjend PPLPTK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar